My Umroh Trip

Karena aku bingung mau mulai cerita dari mana, aku bikin model question – answer aja ya. Padahal mah ga ada yang tanya juga hahaha 😀 sekali lagi, aku ga niat untuk riya, tulisan ini untuk sharing semata. Barangkali bermanfaat. Karena jujur, waktu aku mau umroh dimana I had no idea at all waktu itu, aku pun banyak googling dan ngeyoutube. So here we go

Pakai travel apa? Biayanya berapa?

Aku pakai jasa dari Wesal TV yang bekerja sama dengan Marco Tour & Travel. Ada izin kemenagnya kok. Fyi, Wesal TV adalah stasiun tv Islami yang fokus terhadap pendidikan dan dakwah Islam. Biayanya 16 juta, tapi itu yang udah booking dari setahun lalu. Kalo aku kena sekitar 19 jutaan, itu termasuk perlengkapan seperti koper, tas, dll. Tapi itu ga termasuk suntik meningitis dan pembuatan paspor ya. Aku booking di akhir Februari, dan awal April berangkat. Aku pilih paket reguler 9 hari (10 hari sebenernya ditambah waktu pp nya). Pesawatnya pake Saudia, tanpa transit. Btw naik Saudia ini adalah my best flying exprience deh kayanya hehe, enak banget 😀

Ke Mekkah apa Madinah dulu? Hotelnya di mana?

Rombongan dari Wesal itu dibagi menjadi dua kloter. Aku kloter pertama, ke Madinah dulu. Sedangkan kloter kedua yang berangkatnya dua hari setelah kloter pertama, ke Mekkah dulu. Hotel di Madinah itu namanya Al Waha, kalo buat aku sih deket banget dari Masjid Nabawi, ga sampe 5 menit jalan kaki. Hotelnya cukup bagus, tapi kamarnya agak sempit aja. Kalo di Mekkah, di hotel Grand Coral. Hampir sekilo jaraknya dari Masjidil Haram, tapi ada shuttle bus hotel yang siaga 24 jam buat pp ke Masjidil Haram. Grand Coral ini bagus banget, bintang 5 kalo ga salah. Tapi agak oldskool aja menurutku. Kedua hotelnya ada AC, air panas, dan wifi (penting nih hahaha).

Makannya gimana di sana?

Kalo pakai jasa tour & travel, pasti itu udah termasuk makan kita selama di sana kok, biasanya sih cateringnya menu nusantara, tergantung kebijakan travel. Alhamdulillah kemaren aku cocok sih sama catering yang disediain dan buat aku sih udah cukup banget. Tapi kalo mau wisata kuliner di sana juga boleh.. Aku sih suka beli es krim kalo abis dari masjidil haram, terus sempet beli kebab dan ke restoran Al Baik.

Cuacanya gimana?

Pas aku ke sana (awal April), di Madinah kalo malem dan pagi sejuk banget, tapi ga terlalu dingin. Kalo udah ada matahari ya panas, terus kering gitu. Di Mekkah, panas. Di instagram story ngedetect kalo suhunya 39 derajat celcius. Mantap kan.. Tapi ajaibnya, di sana jarang keringetan loh. Terus kondisi kulit jadi super kering, mendadak muka kilang minyakku jadi ga ada minyak sama sekali selama di sana.

Terus di sana ngapain aja?

Ibadah pastinya, dari ibadah intinya yaitu umroh, juga ibadah wajib seperti sholat, dan lain-lain. Selain ibadah, ada juga city tour keliling dan mengunjungi tempat-tempat penting dan bersejarah di kota Madinah, Mekkah, dan Jeddah. Di waktu senggang juga suka ada tausiyah (kajian singkat).

Di sana belanja ga?

Belanja, tapi ga banyak kok hehe. Aku bukan tipe orang yang suka beli oleh-oleh. Bukan pelit, tapi aku takut aja ga sesuai sama selera yang kubeliin, takut jadi mubazir. Jadi aku beli yang penting dan buat yang nitip aja. Sebelumnya udah googling sedikit sih, karena buta banget di sana harus beli oleh-oleh di mana. Untuk harga, ya relatif ya. Ada yang bilang di Mekkah lebih murah, ada yang bilang di Madinah lebih murah. Tapi setau aku yang pasti murah itu di Pasar Jakfariah kalo ga salah namanya. Letaknya di kota Mekkah. Tapi harus naik taksi dari hotel. Kalo yang mahal itu di kebun kurma. Aku sih ga menyarankan belanja di sana. Kalo aku sendiri belinya di sekitar hotel aja kok, atau di sekitar masjid nabawi dan masjidil haram. Itu aja udah banyak banget toko. Bisa ditawar juga hehe.

Beli paket internet ga di sana?

Sebenernya ini bukan kebutuhan primer di sana, apalagi kita kan umroh niatnya untuk ibadah bukan buat main internet apalagi update status. Tapi internet jadi hal yang cukup penting, contohnya buat update info di grup whatsapp rombongan umroh. Panik juga kan kalo ketinggalan info. Terus, karena aku beda kamar dan beda bus sama adikku, jadi kita harus keep contact biar bisa janjian kalo mau ke mesjid atau sekadar jalan bareng. Selain itu, aku juga pengen bisa kabar-kabarin sama keluarga di rumah. Dan pastinya buat googling cari info apa aja, secara itu pertama kalinya ke Arab. Karena ga mungkin kalo cuma ngandelin wifi hotel, jadi aku putuskan untuk beli paket internet. Aku pilih pakai three yang harganya cukup ekonomis. Sebenernya awalnya ragu, takut kualitasnya ga bagus di Arab, tapi nyatanya bagus kok. Sepanjang perjalanan Jeddah – Madinah, di Madinah, maupun Mekkah, lancar jaya alhamdulillah. Harga paketnya 77 ribu rupiah, masa berlaku 9 hari, dan kuota 2 GB. Buat aku sih cukup banget kemaren, asal ga buka youtube aja hehe. Simpati dan indosat juga ok kok, memang lebih mahal di atas 200 ribu, tapi ga pake kuota alias sepuasnya. Beli kartu di sana juga bisa.

Seneng ga?

Ini sih ga perlu dijawab lagi ya. Seneng banget! Alhamdulillah.. Ga nyesel sama sekali pokoknya. The greatest journey and the best experience in my life. Sampai di rumah aja langsung kangen pengen balik lagi ke sana. InsyaAllah nabung lagi buat ke sana. Honestly, keinginan buat ke negara-negara lain jadi berkurang loh (bukan ga mau ya hehe). Istilahnya gini, ngapain ke tempat lain kalo ke tanah suci aja ada banyak banget berkah dan pahala di sana? Sedangkan kalo ke tempat lain belum tentu kan. Haditsnya jelas banget soalnya, sholat di Masjid Nabawi pahalanya 1000 kali lipat, sholat di Masjidil Haram pahalanya 100.000 kali lipat. MasyaAllah.. Yuk lah yang masih muda, masih sehat, nabung buat ke sana 😀 insyaAllah berkahnya banyak 😀

Tips-tips buat umroh?

Hmmm disesuaikan aja sama kebutuhan dan keinginan masing-masing. Yang jelas, luruskan niat dan fokus beribadah aja selama di sana 🙂

Pokoknya tulisan ini bener-bener my honest review (or report?) of my umroh journey. Semoga kita semua bakal ke sana (lagi) yaa. Aamiin.

2 thoughts on “My Umroh Trip

Leave a Reply

